Rabu, 26 Agustus 2015

TEKNOLOGI DAK CDS (CERADECK) DENGAN KERAMIK KOMPOSIT BETON





Teknologi keramik terdiri dari blok terpisah seperti ini

  
Selanjutnya blok-blok keramik dirakit dan disisipi tulangan yang berfungsi sebagai tulangan tarik untuk menjadi seperti balok sebagai berikut
  
Tulangan tersebut juga berfungsi sebagai pengikat dengan semen yang berfungsi seperti lem. Pada tahap ini, agar dapat menjadi balok yang baik, yang dapat diangkat dengan aman untuk dipasang di lantai atas adalah sangat tergantung dari teknologinya. Perlu presisi yang cukup baik, karena kalau tidak itu balok menjadi tidak lurus (saling bergeser), juga semennya perlu diketahui apa jenisnya, jika pakai semen biasa, berapa lama rakitan tersebut dapat diangkat. Untuk mengangkatnya juga perlu latihan dulu.
Bagian keramik berfungsi sebagai kopel desak, sedangkan tulangan sebagai tulangan tarik. Tulangan dipasang pada ke empat sudut, agar mampu menerima lentur pada semua arah. Tapi ingat, itu semua diarahkan untuk menerima berat sendiri, dan juga berat beton di atasnya, yaitu ketika dicor.

Selanjutnya tujuan dari balok di atas adalah dikembangkan sebagai lantai komposit, yaitu dengan dijajarkan dan diatasnya dicor dengan beton.

Secara prinsip itu semua memang dapat bekerja sebagai elemen balok struktur. 


Keunggulan dari penggunaan lantai tersebut adalah
  • Dapat berfungsi sebagai perancah tetap, dipasang tanpa perlu pembongkaran. Jadi jelas dari segi perancah ada penghematan
  • Adanya rongga maka berat sendiri beton berkurang, jelas ini merupakan suatu keuntungan. Tetapi berapa tepatnya dapat dihemat perlu studi tersendiri, karena untuk pemasangan teknologi tersebut perlu perhatian khusus.
  • Rongga juga bagus terhadap suara (lebih kedap ) juga terhadap termal, jadi mesti lebih sunyi dan dingin.
Pengurangan beban bangunan dengan pemakaian teknologi dak CDS (keramik komposit beton) untuk pelat lantai tingkat anda, akan mengurangi daya ayun bangunan sehingga ketahanan akan gempa lebih baik.

Apakah memang betul seperti itu.

Memang benar, semakin ringan, maka suatu bangunan akan lebih baik terhadap gempa. Ingat rumus Newton F=m.a . Jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang pula.

Saya kira itu perlu disikapi hati-hati, karena selain massa bangunan yang memegang peran penting bagi bangunan tahan gempa adalah struktur frame yaitu terdiri dari balok dan kolom,Sebaiknya konsultasi dan diawasi oleh yang sudah faham dan berpengalaman.


Untuk yang berminat memasang dak dengan dak CDS bisa konsultasi dengan kami 081218388740 (Damari Syam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar